img

KETAHUI, BANYAK FAKTOR YANG MENYEBABKAN KITA TELAT DATANG BULAN

Telat datang bulan atau terlambat haid ialah sebuah kondisi yang terjadi ketika anda melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi. Normalnya siklus menstruasi ialah 21-35 hari sekali. Umumnya wanita memiliki durasi menstruasi setiap 23 hari sekali dengan waktu pendarahan selama kurang lebih 2-8 hari.

Saat terlambat haid memberikan kemungkinan hal tersebut masih dalam kondisi yang normal. Karena tidak semua siklus haid itu pasti dan tepat dengan waktu dan tanggal di setiap bulannya. Ada beberapa orang yang bisa haid di awal waktu hingga sebaliknya telat haid.

Seorang yang mengalami telat haid tentu saja akan merasa kurang percaya diri. Nnamun ketahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan kita bisa telat haid. Nah gejala yang timbul saat kita telat hadir pun juga beragam. Seperti dengan munculnya jerawat, perut kembung, payudara lebih sensitif, sakit kepala, lemah, lesuh, keram perut dan nyeri pinggul.

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kita Bisa Datang Bulan

  • Kehamilan

Tanda paling utama yang menyebabkan seorang telat datang bulan atau haid adalah faktor dari kehamilan. Namun juga perlu diingat, coba kapan terakhir kali berhubungan seksual dengan pasangan? Amati tanda dan gejala selain telat haid yang sedang di rasakan. Bisa muncul bercak cokelat, mual, payudara nyeri, mudah lelah dan bengkak. Maka memberikan kemungkinan kamu sedang mengalami kehamilan. Segera lakukan test kehamilan (test pack) untuk memastikan kebenarannya.

  • Stress

Stress pun bisa mempengaruhi seorang telat datang bulan loh. Saat seorang wanita stress maka akan memproduksi hormon kortisol. Ketika hormon tersebut di produksi dalam jumlah yang berlebih. Hal ini akan berpengaruh dengan siklus haid yang akan jatuh lebih awal, telat bahkan tidak sama sekali. Maka jika anda merasa datang bulan telat dan kebetulan sedang stress. Lakukan meditasi, relaksasi dan mengatur pola makan dan hidup sehat. Lakukan hal yang menyenangkan hati sehingga membuat stress kita akan berkurang.

  • Aktivitas fisik yang berat

Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat membuat siklus menstruasi kita telat. Stress fisik dan pikiran akibat aktivitas fisik yang berlebih berpengaruh pada hormon estrogen dan progesteron. Ketidak seimbangan hormon ini yang membuat menstruasi kita bisa dapat secara terlambat. Dan bahkan berolahraga secara berlebihan dapat mengacaukan proses ovulasi. Maka dari itu dalam melakukan kegiatan olahraga pastikan tepat dan sesuai dengan kesehatan agar tidak berlebihan.

  • Kenaikan atau penurunan berat badan

Memiliki badan ideal tentunya sangat penting dalam dunia kesehatan. Jika kita mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara berlebih tentu saja sangat berpengaruh dengan kesehatan kita. Salah satu faktor yang terjadi pada siklus menstruasi kita. Sebab kenaikan atau penurunan berat badan sendiri membuat kehancuran sistem kerja hipotalamus. Ini merupakan kelenjar yang dapat mempengaruhi fungsi otak dalam proses menstruasi anda setiap bulannya.

  • Menyusui

Telat datang bulan pun bisa di akibatkan dari faktor kita saat menyusui. Setelah hamil dan melahirkan banyak wanita yang tidak kunjung haid selama proses menyusui. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena dipengaruhi oleh hormon prolactin yang memiliki tugas dalam merangsang ASI. Hormon ini juga dapat menghambat kinerja hormon estrogen dan progesteron yang mengatur proses menstruasi.

Nah itulah beberapa kecil yang menyebabkan kita bisa telat datang bulan. Agar tidak telat datang bulan pastikan tetap menjaga kesehatan badan dan pikiran kita.